>Tips Aman Bertransaksi Lewat Internet

Posted on 12 Mei 2011

0


>

Berikut ini beberapa tips bagi anda yang akan bertransaksi di Internet. 
  1. Jika si penjual produk memiliki website, maka pastikan memakai domain yang berbayar seperti .com, .net, .co.id, dll, jika si penjual produk menggunakan domain gratisan atau hanya beriklan gratisan..maka anda patut untuk berhati-hati. Kemudian, jika website tersebut memiliki forum atau jejaring sosial, maka tidak salah jika anda menanyakan kepada forum atau secara personal kepada anggota forum tentang kredibilitas website dan produk yang di jual.
  2. Pastikan si penjual produk bisa dihubungi (Chating, Email, SMS, Telphone) dan juga alamat yang pasti, jika perlu mintalah kartu identitas (KTP, SIM), atau tanyakan kepada temen anda yang satu daerah dengan si penjual produk tersebut jika kebetulan ada.
  3. Jika barang elektronik..Jangan tergiur dengan promosi “produk baru tapi harga miring”, atau barang baru terpakai beberapa bulan dan masih ada garansi dengan harga miring. Kami sarankan untuk survey harga second dulu, jika harga yg ditawarkan di bawah harga beli toko..maka anda patut untuk curiga. Jika si penjual mulai melancarkan jurus-jurus penjualan dengan berbagai macam cara yang sangat rasional..maka berhati-hatilah.
  4. Googling, jangan buru-buru mentransfer..carilah informasi tentang si penjual produk tersebut lewat google, anda bisa memasukkan kata kunci tentang nama, nomor kontak, website, nomor rekening bank si penjual tersebut, biasanya akan muncul informasi atau postingan orang-orang yang pernah puas atau kecewa dengan produk atau layanan si penjual produk tersebut, simaklah apa kata mereka.
  5. Modus operandinya biasanya begini..anda disuruh transfer setengah harga dulu, kemudian si penjual berjanji akan mengirimkan barangnya..setelah barang sampai ke tangan anda, baru anda transfer setengahnya. PERTANYAANNYA adalah..jika setelah anda transfer setengah harga, kemudian si penjual tidak mengirimkan barangnya..?! waa..pasti nama-nama hewan di kebun binatang akan anda sebutkan semua..hehe. Model transaksi seperti ini memang tidak aman, bisa jadi si penjualnya jujur mau mengirimkan barang..tapi setelah barang sampai ke tangan anda kemudian anda bertindak curang dengan tidak mau mentransfer kekurangan setengah harga, yang penting barang sudah ada ditangan anda..waah maka gantian..si penjual yang akan menyebutkan semua nama-nama binatang. Jadi, solusinya adalah bertransaksilah di website yang kredibel..anda bayar full dan barang akan dikirim sesuai pesanan.
  6. Intinya, JANGAN CEPAT PERCAYA atau dengan kata lain BERHATI-HATILAH..berikan jeda waktu beberapa hari kepada diri anda sendiri untuk berfikir kembali, jika anda sudah benar-benar yakin betul..maka BELILAH..!!
Posted in: Info, Tips