>Tips Mengatasi Kekalahan dan Kegagalan

Posted on 29 Juni 2011

0


>

TIPS Agar Berhasil Mengatasi Despresi karena Kekalahan dan Kegagalan yang menimpa :

1. Miliki Mental Positif untuk Melihat Bahwa Kegagalan adalah Proses Sukses.
Hanya dengan mental yang kuat Kita akan berani mematahkan setiap tantangan yang menghalangi tujuan Kita. Gagal adalah fase yang harus dilewati untuk meraih keberhasilan. Tanpa kegagalan sukses bukanlah apa-apa.
 
2. Jangan Takut Salah.
Tidak seorangpun didalam dunia ini yang tidak pernah melakukan kesalahan. Kegagalan akan sangat baik, jika Kita bisa belajar sesuatu yang baik darinya. Pelajarilah perjalanan hidup orang-orang besar, mereka semua adalah sosok yang berani mengambil resiko, sosok yang tidak takut kalah, sosok yang tidak takut gagal, sosok yang melihat kegagalan sebuah tantangan yang harus dilewati.
 
3. Beranilah Memulai Hal Baru.
Dunia terus berkembang, hal-hal baru muncul disekeliling Kita. Jika Kita tidak jeli, Kita akan semakin ditinggalkan. Oleh karena itu Kita harus berani mencoba hal-hal baru dan tidak hanya bermain ditempat yang aman.
 
4. Teruslah Menjadi Manusia Pembelajar.
Menjadi manusia pembelajar merupakan strategi berkembang paling tepat untuk menghadapi persaingan. Ilmu pengetahuan selalu berkembang terus dari masa kemasa, jika Kita tidak meng up grade diri, Kita akan ketinggalan zaman. Dalam hal apapun Kita harus belajar, Ingat ilmu tidak pernah usang, semakin Kita banyak belajar semakin pandailah Kita, semakin bijaksanalah Kita, semakin cerdaslah Kita.
 
5. Miliki Tujuan yang Jelas Dalam Hidup.
Dengan tujuan yang jelas hidup menjadi lebih terarah, motivasi Kita bergerak kearah itu semakin kuat. Jika Kita tidak mengharapkan apa-apa bagi kehidupan ini, wajar kita tidak kemana-mana dan tidak akan memperoleh apa pun yang lebih berkualitas. “If better is possible, good is not enough”.

Robyn Allan : “Kegagalan terbesar adalah apabila kita tidak pernah mencoba.”

Gagal dan sukses seseorang diatur oleh alam dan ALLAH memberikan porsi bagi keduanya. Jika Kita tidak pernah gagal maka Kita pun tidak akan pernah sukses. Segala hal diukur dari tingkat perjuangan Kita. Kita harus percaya bahwa Kita telah diberikan kekuatan dan mental yang cukup untuk bertahan dalam kondisi yang sulit. Jika kita mau menggunakan potensi yang ada, Kita pasti mampu melewati kesulitan yang dihadapi. Manusia tidak mungkin selalu mengalami hal-hal yang menyenangkan. Suatu saat mereka pasti akan mengalami hal-hal yang sulit, suatu saat mereka akan merasakan kegagalan dahsyat. Dan pada saat itulah manusia harus mengaktifkan potensi diri dan kekuatan mental yang dimiliki.
Kegagalan bukan merupakan suatu hal yang patut ditangisi dan disesali terus menerus, karena tangis tidak akan mengubah kegagalan yang telah menimpa kita, namun kita harus bersabar dan berbesar hati karena kita telah memiliki pengalaman yang mungkin tidak dimiliki oleh orang lain. Bangkit kembali dari kegagalan memang bukan hal yang mudah, namun juga bukan merupakan hal yang mustahil, yakinlah ada waktunya kita akan berhasil.

Kegagalan adalah permainan yang memang harus dimainkan, dilewati dan disudahi. Ketika Kita gagal, masuklah kedalam proses kegagalan itu, periksa persoalan intinya dan berusahalah untuk memperbaikinya. Dengan demikian Kita akan menjadi manusia yang lebih bijaksana, lebih arif, dan lebih pandai. Ketika Kita dikecewakan, pergilah untuk beberapa saat, carilah penghiburan agar pikiran Kita bisa kembali fresh. Dengan demikian Kita akan lebih fokus dan presfektif Kita akan menjadi lebih baik. Serahkan semua kekacauan dan kegagalan Kita kepada Allah SWT, komunikasikanlah dalam bentuk Do’a. Kita akan merasa lebih tenang dan damai menghadapi semua persoalan yang ada.

Kita semua tahu perjalanan hidup memang panjang dan melelahkan, dan kita semua tahu bahwa hidup ini adalah perjuangan tiada akhir. Hidup bukan akhir dari kekalahan, bukan akhir dari kegagalan, bukan akhir dari keterpurukan dan bukan pula akhir dari kesuksesan. Hidup merupakan persoalan perjuangan dan dia akan berakhir ketika kita menyerahkan nafas terakhir pada kehadirat yang maha kuasa. Berusahalah menghargai kehidupan ini dengan menerima setiap proses dan pukulan secara lapang dada, jangan terpuruk mental disaat terpaan badai kehidupan menimpa, Jangan menangis pilu tatkala kesedihan terbesar menghampiri. Inilah jalur yang harus ditempuh dan ALLAH membuat jalur itu benar adanya bagi masing-masing orang, terimalah sebagai anugerah terindah dalam hidup.
Posted in: Motifasi